Senin, 28 Januari 2013

Motivasi Hidup

MOTIVASI
PENDOBRAK HATI YANG LOYO

“ JANGAN SESALI APA YANG SUDAH PERGI,
  JANGAN TANGISI APA YANG SUDAH TIADA,
  TETAPI, BANGKITLAH DAN BINA KEMBALI
APA YANG TELAH HILANG DAN PERGI”

Biarkan kegagalan dan kehilangan menjadi pengalaman yang sangat berharga untuk membangkitkan masa depan anda, jangan terus-menerus terpuruk dalam kehidupan masa lalu, sebab semuanya tak akan pernah kembali dan akan membuat anda semakin dibawah dengan keterpurukkan anda, sesuatu yang hilang tak akan kembali lagi namun anda harus bangkit untuk memunculkan sesuatu yang baru, tugas yang harus anda jalani kini adalah menjadikan masa lalu yang buruk menjadi pengalaman yang sangat berharga, untuk bangkit dan melangkah jauh menuju masa depan yang SUKSES

JANGAN PERNAH DI GENGGAM DUNIA
NAMUN GENGGAMLAH DUNIA

By : A. Fahrur Riza






Otak kanan, Otak kiri………………. Ternyata aku tak pakai Otak

                Ada banayk hal yang bias di ungkapkan mengenai otak kanan dan otak kiri apakah anda tau tentang murid atau pun pasangan hidup anda itu otak kanan atau otak kiri? Apabila kita tahu murid kita dominant otak kanan atau otak kiri, barangkali anda mengajar lebih mudah, begitu juga dengan pasangan hidup anda.
                Otak kiri mempunyai ciri-ciri bahwa kebanyakan dari mereka selalu rajin, rapih dan biasanya orangnya pintar, tapi juga cepat marah namun tidak meledak ledak. Sangat sulit memulihkan ketika dia marah, dia akan lebih banyak diam. Pola pendidikan dengan melatihnya untuk mengoperasikan computer, menghitung dengan alat Bantu, menghafal daftar atau sederetan angka (kebviasaan kognitif) akan lebih mudah, karena berasal dari otak kiri. Dan kelak apabila pola pendidikannya benar dia akan menjadi karyawan yang berkarir bagus dan bergaji besar atau bahkan bias menjadi pimpinan perusahaan.
                Bagaimana dengan otak kanan? Orang yang dominant otak kanan mempunyai kebiasaan yang kadang membuat jengkel orang lain. Seperti dia selalu tidak rapi, tidak memperhatikan ketika guru berbicara/ menerangkan. Tapi apabila cara pendidikannya benar kelak dia akan menjadi seorang bos, juragan atau sejenisnya. Tetapi harus hati-hati, kalau pola pendidikannya salah bias-bisa dia kelak akan menjadi preman, penjahat dan selalu membuat pusing lingkungan.
                Memang pola pendiidkan dengan menggunakan otak kanan lebih agak sulit bahkan kadang-kadang lebih cenderung mudah lupa. Seperti melatih orang untuk tetap konsiste, tetap berkomitmen, berintegrasi tinggi, berpikiran terbuka, bersikap jujur, mempunyai visi, memiliki prinsip, memiliki kepercayaan diri, bersikap adil, bijaksana ataupun kreatif.
                Anda harus menyadari dan tahu tentang itu, sehingga dengan mudah anda bias mengambil langkah-langkah untuk mengantisipasinya, menuntunnya dan memberi pengertian secara khusus bagi mereka yang berperilaku khusus. Kalau otak kiri dinaikkan maka otak kanan tidak ikut naik, sedangkan otak kanan dinaikkan otak kiri ikut naik.
                Bagaimana cara anda mengetahuinya. Caranya sangat mudah yaitu dengan meggabungkan kedua tangan saling dimasukkan antara jari-jari kanan dan kiri, kemudia lihat :
  1. bila ibu jari anda yang kiri yang diatas maka itu tandanya anda dominant otak kanan
  2. bila ibu jari kanan yang ada di atas maka nada dominant otak kiri
  3. bila kedua ibu jari secraa bergantian berada diatas dan terasa enak, tidak ganjil maka itu tandanya seimbang anatar otak kiri dan kanan.
Bagaimana dengan dunia pendidikan itu sendiri setelah mengatahui bahwa murid anada mempunyai otak kanan atau kiri. Anda sebagai seorang pendidik harus memperhatikannya dengan cara mengajar yang penuh dengan inovasi. Anad juga harus mencerdaskan otak kanan dengan mengajaknya belajar diluar kelas, berenang, bersepeda atau juga bias dengan mengajak mereka untuk berimprovisasi, sehingga keluar ide mereka menurut apa yang sedang mereka bayangkan walaupun kadang aneh ditelinga kita, dan tidak lupa anada keluarkan rasa humor anda, mereka harus belajar dengan FUN & EASY. Sehingga mereka akan menemukan ide-ide kretif. Dan jangan lupa selalu dekatkan mereka pada tuhannya denagn melakukan apa saja yang diperintah tuhan (pendekatan religi). Otak kiri dicerdaskan otak kanan tidak ikut cerdas tapi otak kanan dicerdaskan otak kiri ikut cerdas.
                Bagaimana dengan aku yang sering tak pakai otak? Itu semua Karen akenekatanku dan denagn tekat bulat aku sellau berada digaris orang –orang kadang mendekatinyapun tidak berani. Aku tahu bahwa akan menemui jalan yang terjal bahkan kegagalan, tapi aku tetap dengan tujuanku. Lebih baik menjalankan tindakan yang benar dengan alas an yang salah daripada menjalankan tindkaan yang salah dengan alas an yang benar.
                Awalnya ita-cita besarku itu dipandang sebelah mata oleh banyak orang, bahkan ada yang mengoloknya ketika aku mengungkapkan pada mereka. Tapi mereka terdiam ketika cita-citaku bias kuraih, yakin pada diri sendiri terbukti merupakan kekuatan yang sungguh luar biasa dahsyatnya. Terkadang kita harus berjuang sendirian, selalu melakukan perbuatan yang positif, bias menjadi kekuatan yang tak bias terkalahkan dan akan memisahkan antara pemenang dan pecundang. Kemenangan besar diciptakan dari memulai sesuatu yang selama ini anda takutkan, siapa nekat dia dapat.
                “jika otot dilatih dengan beban, maka otak dilatih dengan beban pikiran dan masalah”
Berfikir bukan satu-satunya cara mendekati kenyataan yang ada didalam atau disekitar kita. Tetapi dengan cara merasakan menghendaki dan bertindak. Buktikan mimpimu itu jadi kenyataan dan kalahkan dirimu sendiri yang selalu di manjakan dan melakukan pembenaran diri.
“MODALKU CUMA 1 M  YAITU  MULUT”

Tidak ada komentar: